Review Oppo Enco W11, Si Gemas Bersuara Jernih dengan Baterai Tahan Lama
Baru saja ini Oppo memberitahukan satu earbuds true wireless stereo (TWS) terbaru yaitu Oppo Enco W11 edisi spesial Toy Story.

Review Oppo Enco W11: Si Gemas Bersuara Jernih dengan Baterai Tahan Lama

Posted on

Baru saja ini Oppo memberitahukan satu earbuds true wireless stereo (TWS) terbaru yaitu Oppo Enco W11 edisi spesial Toy Story.

Pada paket penjualannya, Oppo mengikutkan satu soft kasus edisi spesial Toy Story, yaitu casing karet warna hijau sirna dengan muka karakter Aliens pada film animasi Toy Story.

Dalam mendatangkan soft kasus ini, Oppo dengan cara spesial kerja sama juga dengan Disney’s Pixar sebagai pembesut film animasi Toy Story.

Oppo Enco W11 edisi Toy Story ini banyak memperoleh pujian serta mengundang perhatian sebab penampilannya yang menggemaskan.

Tetapi tidak sebatas jual tampang, Oppo Enco W11 yang dibandrol Rp 599 beberapa ribu ini punyai dibantu kekuatan audio yang termasuk oke di kelas earphone TWS dapat dijangkau.

Sebatas info, Oppo Enco W11 adalah produk TWS ke-3 Oppo yang dipasarkan resmi di Indonesia. Awalnya ada Oppo Enco Free serta Enco W31. Dari sisi harga, Oppo Enco W11 adalah seri yang sangat dapat dijangkau.

Bagaimana hasil ulasan kami semasa beberapa waktu menggunakannya?

Design

Oppo Enco W11 ada dalam design charging kasus kecil nyaman dipegang sebab memiliki bentuk yang ouval.

Charging kasus ini mempunyai engsel di salah satunya sisinya. Dengan engsel ini, charging kasus dapat dibuka tutup dengan gampang karena magnet yang dipakai.

Kehadiran magnet untuk pastikan charging kasus tidak terbuka sendiri yang selanjutnya membuat buds jatuh.

Masih pada charging kasus, Oppo memakai port USB tipe C untuk pemenuhan daya perangkat. Selanjutnya, pada bagian depan casing, ada lampu tanda.

Di bagian dalam charging kasus, ada dua lubang untuk tempatkan semasing earbuds.

Pada ke-2 lubang tempat meletakkan earbuds itu, ada dua pin berwarna emas untuk koneksi waktu pemenuhan daya earphone.

Berubah ke sisi earbuds, demikian charging kasus dibuka, kita akan merasakan dua buds (kanan serta kiri) dengan mode in-ear.

Berarti, sisi ear-tips (ujung earbuds) dapat dimasukkan ke telinga hingga meminimalisasi suara di luar, saat tengah menggunakan earphone ini.

Mode buds in-ear ini membuat pemakai lebih nyaman serta tak perlu takut buds akan lepas dari telinga.

Untuk kenyamanan waktu menggunakan earbuds, Oppo memberi bantalan silikon tipis pada eartips. Ada tiga pasang bantalan eartips dengan ukuran kecil, sedang, serta besar yang bisa sesuai dengan lubang telinga pemakainya. Dengan demikian telinga tidak berasa sakit waktu menggunakan earbuds dalam tempo lama.

Sesaat, sisi atas buds mempunyai bentuk oval yang cukup lebar. Di bagian atas ini ada controller yang bisa ditata dengan sentuhan.

Setelah itu, berat dari earbuds ini benar-benar mudah, semasing bagian cuma 4,4 gr. Sesaat dengan charging case-nya, berat keseluruhnya ialah 44,3 gr.

Berdasar pengalaman, waktu earbuds digunakan di ke-2 telinga, terasanya tidak memakai earphone. Earbuds juga nyaman di telinga walau dipakai dalam tempo berjam-jam.

Baterei serta Feature Yang lain

Earphone Enco W11 ini diberi baterei 400mAh untuk charging case-nya serta 40mAh pada semasing earbuds-nya.

Proses pemenuhan daya dapat dilaksanakan dengan USB tipe C yang tersemat di charging kasus. Dengan daya di atas, pemenuhan daya penuh diperlukan waktu 2 jam.

Walau pemenuhan dayanya perlu waktu 2 jam, ketahanan baterei earphone Enco W11 ini pantas dihargai.

Masalahnya dengan daya 40 watt earphone dapat bertahan 5 jam untuk dengarkan musik. Sesaat, ditambah lagi charging kasus, waktu putar musik diklaim dapat capai 20 jam.

Kami coba memakainya dalam tempo berjam-jam (seputar 4-5 jam) setiap harinya untuk temani kesibukan kerja di rumah. Beberapa kesibukan dilaksanakan seperti dengarkan musik, menghubungi, ikuti video conference, sampai main gim.

Hasilnya pada hari ke-3 penggunaan, earphone ini belum lowbat.

Feature lain yang berada di Enco W11 ialah suport sertifikat IP55, yaitu ketahanan pada debu serta air pada earbuds.

Dengan sertifikat IP55, earbuds ditanggung masih dapat digunakan walau terkena keringat. Begitupun ketahanan pada debu yang kemungkinan melekat waktu penggunaan.

Satu hal yang jadi highlight pada perangkat earphone nirkabel ialah latensi rendah. Semakin rendah latensi, karena itu semakin tipis interval waktu pemutaran dengan output suara.

Pada Enco W11, Oppo mendatangkan latensi rendah dengan akseptasi signal di ke-2 bagian dengan cara bertepatan. Dengan demikian koneksi dapat lebih konstan serta realtime.

Enco W11 dibantu tehnologi koneksi Bluetooth 5.0 yang diklaim tahan pada masalah signal. Tehnologi Bluetooth Enco W11 memberikan dukungan koneksi automatis setiap pemakai buka charging kasus.

Jarak optimal koneksi Bluetooth Enco W11 dengan handphone ialah 10 mtr.. Koneksi ini lumayan kuat, walau ke-2 perangkat terhambat satu pintu. Tetapi berdasar pengalaman, saat koneksi terhambat dua pintu tertutup, kadang koneksi juga terputus-putus.

Controller

Tidak seperti earphone TWS punya Samsung atau Realme, pemakaian Enco W11 tidak perlu instal aplikasi apa saja di handphone untuk kontrolernya.

Semua brand handphone dapat tersambungsi dengan Bluetooth ke Enco W11.

Salah satu kontroler ialah pada touch controller yang ada dibagian atas earbuds. Pemakai perlu sentuh kontroler untuk memutar atau menghentikan musik, membesarkan volume, dan sebagainya.

Triknya, ketok 1 kali untuk mainkan atau pause lagu. Ketok 2 kali (kanan) untuk mengubah ke lagu selanjutnya, ketok 2 kali (kiri) untuk mengubah ke lagu awalnya.

Ketok sekalian ditahan cukup lama (kanan) untuk tingkatkan volume serta ketuk-tahan cukup lama (kiri) untuk turunkan volume.

Untuk aktifkan asisten suara contohnya Google Assistant, dapat mengetuk kontroler 3x beruntun.

Audio

Tentu saja sisi yang penting untuk satu earphone ialah kekuatan audio yang diusungnya.

Dengan cara detail, Enco W11 mengangkat driver dinamis 8mm dengan diafragma komposit berlapis titanium.

Dengan detail itu, earphone Enco W11 memberikan dukungan keluaran suara bass serta diklaim memperlebar capaian frekwensi tinggi untuk audio yang jernih.

Enco W11 memberikan dukungan pola audio AAC untuk pengkodean audio lebih tinggi. Dengan demikian, pemakai dapat nikmati detil musik yang didengarnya.

Berdasar pengalaman kami, pemakai tidak dapat mengendalikan equaliser musik mereka. Contohnya ingin mengutamakan suara bass atau treble-nya. Walau demikian, suara yang dibuat Enco W11 cukup jernih serta jelas.

Instrumen atau musik yang dikeluarkan juga cukup detil. Sesaat keluaran suara bass yang didatangkan tidak terlalu berlebih hingga masih nyaman didengar.

Perlu untuk diketahui, Enco W11 dibantu feature noise reduction semasa panggilan berjalan. Dengan demikian waktu digunakan menghubungi, situasi berisik seputar dapat diminimalisasi supaya tidak mengganggu komunikasi.

Enco W11 juga memberikan dukungan secara baik waktu dipakai untuk main gim. Untuk main gim COD Mobile contohnya, kami tidak merasai ada interval atau terlambat suara. Permainan gim juga tidak terusik.

Simpulan

Untuk harga Rp 599 beberapa ribu, earphone TWS Enco W11 ini cukup penuhi keperluan pemakai untuk beberapa kesibukan.

Dari mulai menghubungi, dengarkan musik berjam-jam, video conference, sampai main gim, semua berasa lancar memakai earphone ini.

Enco W11 dapat juga jadi salah satunya pilihan bila kamu ingin beli earphone TWS pada harga dapat dijangkau tapi punyai feature cukup lengkap, audio oke, serta kontroler yang gampang.

Kelebihan:

– Bila beli Enco W11 edisi Toy Story diperlengkapi soft kasus yang lucu serta menggemaskan.
– Pemenuhan daya telah gunakan port USB tipe C
– Beterai yang bertahan lama
– Nyaman digunakan berjam-jam
– Suport feature noise reduction untuk panggilan serta IP55 untuk meredam cipratan air serta debu

Kekurangan:

– Mengingat harga yang cukup dapat dijangkau, belum diperlengkapi feature noise cancelation
– Tidak dapat mengendalikan equaliser musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *