Up-date Corona 26 April 2020 Indonesia & Dunia: Data Permasalahan Terbaru

Posted on

Sesudah keluh kesah pemakai banyak muncul, faksi Nintendo pada akhirnya mengaku jika sebagian besar account Nintendo Accounts menjadi korban pembobolan orang tidak bertanggungjawab.

Jumlah account Nintendo Accounts yang diretas, berdasarkan penjelasan di situs Nintendo Jepang, sampai rata-rata 160.000. Beberapa peretas disebutkan menggunakan Nintendo Network ID (NNID) untuk masuk ke Nintendo Accounts Korban.

NNID ialah skema account Nintendo yang dipakai untuk konsol Wii U serta 3DS. NNID diganti oleh Nintendo Accounts waktu konsol Switch melaju.

Tetapi, pemakai yang telah mempunyai account NNID dapat memakai info login lamanya itu untuk masuk ke Nintendo Accounts. Info account NNID berikut yang menurut Nintendo digunakan oleh hacker untuk menjebol Nintendo Accounts.

“Info ID serta password login (NNID) didapat dari sumber ilegal di luar service kami. Insiden ini mulai muncul di seputar awal bulan April, ” ucap Nintendo dalam penjelasannya, seperti dikumpulkan mk-outletonline dari Eurogamer, Minggu (26/4/2020).

Nintendo juga melakukan tindakan dengan tutup pilihan login ke Nintendo Accounts memakai NNID. Pemakai yang memakai password sama di antara Nintendo Accounts serta NNID diharap mengubah keywordnya.

Beberapa pemakai yang akunnya jadi korban peretasan akan mendapatkan pemberitahuan melalui e-mailĀ  jika password mereka sudah di-reset untuk jaga keamanan.

Nintendo menjelaskan data kartu credit tidak dibuka dalam peretasan ini. Tetapi, beberapa aktornya pernah manfaatkan cara pembayaran di account -seperti PayPal atau tersisa saldo- untuk berbelanja item dari My Nintendo Store serta Nintendo eShop.

Awalnya, beberapa korban peretasan memang menyalahkan jika aktor memakai account Nintendo mereka untuk beli barang dalam game, khususnya uang virtual VBuck untuk game Fortnite.

Untuk fakta keamanan di masa yang akan datang, Nintendo merekomendasikan pemakai servicenya aktifkan login dua langkah (two-step verification) secara diterangkan dalam situs di link berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *